Kamis, 15 Mei 2014

RPP Kurikulum 2013 Tema Peristiwa Alam kelas 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan    : SD N 1 Banyumas
Tema                          : Peristiwa Alam
Sub tema                    : Cuaca
Kelas / Semester        : I / II
Pembelajaran             : Ke 1
Alokasi Waktu           : 1 hari ( 6 JP x 35 Menit)
A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlakmulia. 

B.     KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
3.1  Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1  Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
SBDP
3.1  Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi
4.4.  Membentuk karya seni ekspresi dari bahan lunak


Matematika
3.3 Mengenal dan memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan gambar gambar/benda konkret
4.4 Mendeskripsikan, mengembangkan, dan membuat pola yang berulang
C.    INDIKATOR
Bahasa Indonesia
3.1.1.  Mengidentifikasi peristiwa siang dan malam (cuaca cerah dan hujan) secara lisan
4.1.1.  Mengelompokkan kosakata tentang peristiwa siang dan malam (cuaca hujan dan cuaca cerah)
SBDP
3.1.1.  Membedakan warna cerah dan tidak cerah
4.1.1. Mengidentifikasi bahan dan alat untuk membuat bingkai
4.1.2  Membuat bingkai dari bubur kertas
Matematika
3.3.1.  Mengenal pola bilangan
3.3.2.  Melengkapi pola bilangan
4.4.1.  Membuat pola bilangan

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Dengan membaca puisi, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri cuaca cerah dengan tepat.
2.      Dengan membaca puisi, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri cuaca hujan dengan tepat.
3.      Setelah melakukan permainan, siswa dapat mengelompokkan kosakata yang berkaitan dengan cuaca cerah dengan benar.
4.      Setelah melakukan permainan, siswa dapat mengelompokkan kosakata yang berkaitan dengan cuaca hujan dengan benar.
5.      Dengan membaca cerita pendek, siswa dapat membedakan warna cerah dan tidak cerah dengan tepat.
6.      Setelah membaca cerita, siswa dapat mewarnai gambar menggunakan warna cerah dan tidak cerah dengan tepat.
7.      Setelah membaca teks, siswa mengetahui cara membuat bingkai dengan benar
8.      Setelah mengetahui cara membuat bingkai, siswa dapat mengidentifikasi alat dan bahan yang digunakan dengan tepat.
9.      Setelah mengamati demonstrasi guru, siswa dapat membuat bingkai dari bubur kertas dengan rapi.
10.  Dengan berhitung, siswa dapat membaca pola bilangan dengan benar.
11.  Setelah melanjutkan pola bilangan, siswa dapat melengkapi pola bilangan dengan benar.
12.  Setelah berlatih melengkapi pola bilangan, siswa dapat membuat pola bilangan dengan benar.

E.     Materi Ajar
1.      Peristiwa siang dan malam (cuaca cerah dan hujan)
2.      Warna cerah dan tidak Cerah
3.      Hasil karya seni ekspresi (dari bahan lunak)

F.      PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan          : scientifik
Strategi                 : cooperatife learning
Teknik                   : Example non example, match a match
Metode                 : ceramah, tanya jawab, diskusi, tugas, demonstrasi
A.    Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DEKSKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Kegiatan Pembuka

  1. Guru mengucapkan salam, mengajak siswa mengawali  KBM dengan berdoa, dilanjutkan presensi.( sikap spiritual dan sosial)
  2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran bahwa hari ini akan belajar mengenai peristiwa alam yaitu cuara cerah dan hujan, mewarnai cerah dan tidak cerah dan membuat bingkai foto serta mempelajari pola bilangan.
  3. Guru melakukan Apersepsi  dengan bertanya :
“Anak-anak bagaimana cuara hari ini ?”
“ nah sekarang coba lihat foto yang ibu bawa?


“Apa perbedaannya?”
4.      Guru memberikan motivasi
10 menit


Kegiatan Inti
Langkah-langkah kegiatan bagian satu:
  1. Siswa bersama guru bernyanyi lagu Tik-Tik Bunyi Hujan
Tik tik tik, bunyi hujan
Tik tik tik, bunyi hujan diatas genting
Airnya turun, tdak terkira
Cobalah tengok, dahan dan ranting
Pohon dan kebun basah semua
  1. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang cuaca. Cuaca adalah keadaan udara di suatu tempat pada waktu tertentu. Indonesia adalah negara yang memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan kemarau. Indonesia memiliki empat cuaca, yaitu cuaca cerah, cuaca berawan, cuaca mendung dan cuaca hujan. Cuaca cerah adalah cuaca saat langit terang dan matahari bersinar tidak terlalu panas. Cuaca berawan adalah saat di langit banyak awan dan angin bertiup. Cuaca mendung adalah saat langit berawan hitam dan angin bertiup lebih kencang. Cuaca hujan adalah saat hujan turun dan matahari hampir tidak bersinar.(mengamati)
  2. Siswa mengamati puisi cuaca cerah dan cuaca hujan yang tertera di buku siswa. (mengamati)
  3. Siswa menyimak guru yang  membaca puisi dengan intonasi yang benar.(mengamati)
Hujan Rintik-rintik
Hujan Rintik- Rintik
Turun tak berhenti
Di tengah rintik hujan
Payung warna-warni yang tumbuuh subur
Seperti jamur disiram hujan rintik-rintik
  1. Siswa secara bersamaan membaca puisi.(mencoba)
  2. Siswa dibagi menjadi 4 kelompok. (membuat jejaring)
  3. Setiap kelompok membaca puisi secara bergantian. (megkomunikasikan)
  4. Siswa secara berkelompok berdiskusi mengenai perbedaan kedua puisi tersebut serta menjawab pertanyaan di buku siswa.(menalar)
  5. Setiap kelompok diminta maju ke depan kelas untuk menceritakan hasil diskusinya mengenai ciri-ciri cuaca cerah dan cuaca hujan.(mengkomunikasikan)
  6. Siswa diajak bermain menebak kata mengenai cuaca cerah dan hujan.(mencoba)
  7. Guru menyiapkan empat lingkaran yang dibuat di halaman sekolah. Keempat lingkaran tersebut dibuat berseberangan. Dua lingkaran masing-masing bertuliskan hujan dan cerah. Sementara dua lingkaran di seberangnya masing masing berisi 10 kartu dengan warna berbeda (merah dan biru). Setiap kartu bertuliskan 1 kata yang berhubungan dengan cuaca cerah dan cuaca hujan (misalkan basah, hangat, langit terang, angin sepoi, angin kencang, dingin, jas hujan, payung, hujan, langit gelap, langit biru, dan lain lain).(mengamati)
  8. Setiap kelompok diminta menentukan urutan pemain pertama, kedua, dan seterusnya.(menalar)
  9. Pemain pertama dari kelompok pertama dan kelompok kedua akan mengambil satu kartu kata dan berlari ke lingkaran di seberangnya serta meletakkan kartu kata tersebut sesuai dengan cuaca yang cocok (misalkan meletakkan kartu kata basah di lingkaran hujan).(mencoba)
  10. Kegiatan yang sama dilakukan pemain kedua, ketiga, dan seterusnya pada kelompok satu dan dua(mencoba)
  11. Jika kelompok pertama dan kedua telah selesai, permainan dilanjutkan untuk kelompok ketiga dan keempat.(mencoba)
  12. Selama menunggu giliran bermain, siswa lainnya dengan tertib menunggu sambil memberikan semangat kepada temannya yang sedang bermain.(mengamati)
  13. Guru melakukan perhitungan skor. Perhitungan skor ditentukan dengan banyaknya kartu kata yang tepat diletakkan sesuai lingkaran. Pemain yang tepat meletakkan kartu kata akan mendapatkan skor 5.
  14. Kelompok dengan skor tertinggi adalah pemenangnya. Guru mengumumkan pemenang permainan.
  15. Siswa bersama guru menutup kegiatan dengan menyampaikan rasa syukur bahwa Tuhan telah menciptakan bumi lengkap dengan cuaca cerah dan hujan sehingga makhluk hidup dapat nyaman tinggal di bumi dan manusia dapat melakukan banyak aktivitas.(menalar)
Langkah-langkah kegiatan bagian dua:
  1. Kegiatan diawali dengan menjawab pertanyaan guru.
a.       Bagaimana perasaanmu saat cuaca cerah? (menanya)
b.      Apa yang kamu lakukan saat malam cerah?(menanya)
  1. Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa saat siang hari cuaca cerah langit berwarna biru, angin bertiup pelan, dan sinar matahari terasa hangat. Kita dapat mengamati burung-burung terbang. Sementara pada malam hari yang cerah, kita dapat memandang ke langit yang bertaburan bintang. Bintang-bintang terlihat sangat indah dan udara malam pun sejuk.(mengamati)
  2. Siswa diminta membaca dua paragraf cerita pendek tentang cuaca cerah pada siang hari dan cuaca cerah pada malam hari yang ada pada buku siswa.(mengkomunikasikan)
  3. Siswa menuliskan perbedaan dari kedua paragraf tersebut di buku siswa.(menalar)
  4. Jawaban diarahkan untuk menemukan perbedaan warna pada kedua cerita pendek tersebut.
  5. Siswa diminta mengamati dua gambar di buku siswa(mengamati)
  6. Siswa menanyakan hal yang tidak dipahami dari warna dalam kedua gambar ( menanya)
  7. Siswa mewarnai kedua gambar dengan warna yang sesuai. Warna-warna cerah digunakan untuk gambar suasana siang dan warna-warna tidak cerah digunakan untuk gambar suasana malam.(mencoba)
  8. Setelah mewarnai, siswa membaca teks cara membuat bingkai foto dari bubur kertas dengan benar ( mengamati)
  9. Siswa menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan sesuai dengan yang tertera dalam teks bacaan  ( menalar)
  10. Siswa mulai membuat bingkai dalam gambar yang sudah diwarnai tadi dengan menggunakan bubur kertas ( mencoba)
  11. Siswa menanyakan langkah langkah membuat bingkai yang belum dipahami ( menanya)
  12. siswa dengan bantuan guru memilih hasil karyatemannya yang terbaik dan dipajang didalam kelas. ( mengamati)
  13. Setelah selesai, siswa diminta mengamati pola bilangan dalam bentuk gambar. Siswa menghitung dan melengkapi pola bilangan.(mengkomunikasikan)
  14. Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa pola bilangan dapat dilengkapi dengan cara melakukan penjumlahan bilangan dua.
  15. Siswa melengkapi pola bilangan dengan kisaran bilangan 50 sampai 75. Guru dapat memberikan arahan. Jika siswa belum selesai, latihan dapat dilanjutkan di rumah.
  16. Siswa membuat pola bilangan dengan menyusun gambar benda-benda langit.
  17. Siswa dan guru menutup kegiatan dengan rasa syukur atas karunia Tuhan. Cuaca cerah dan cuaca hujan adalah karunia Tuhan.
 180 menit
Kegiatan Penutup
  1. Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari ini.(mengkomunikasikan)
  2. Guru memberikan kesempatan kepada beberapa siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti. (mengkomunikasikan)
  3. Guru melakukan  evaluasi tes tertulis dan melakukan penilaian
  4. Guru memberikan tugas PR
  5. Memberi penguatan dan refleksi
  6. Guru menutup pembelajaran dengan Berdoa bersama dan memberikan salam.
  20 menit




B.     Media dan Sumber Belajar
1.      Media                                   
a.       Koran bekas
b.       Air
c.       lem.
d.      Gambar siang hari dan malam hari .
e.       Buku siswa.
f.       Krayon atau  pensil warna


2.      Sumber Belajar          :
·         Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Daerah.2013. Buku Tematik Terpadu untuk Siswa kelas I, Tema Peristiwa alam, Penerbit Kemdikbud
·         Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Daerah.2013.Buku Tematik Terpadu untuk Guru kelas I, Tema Peristiwa alam Penerbit Kemdikbud
·         Hartaris Andijaning Tyas, M. Himawan, Sudiyanto. 2007. Kreasi Seni Budaya dan Keterampilan untuk SD kelas II. Jakarta : Erlangga
·         Tim Bina Karya Guru. 2004. Kerajinan Tangan dan Kesenian untuk Sekolah Dasar Kelas I. Jakarta : Erlangga
·         Asy’ari, dkk. 2007. Matematika untuk SD kelas 1. Jakarta : Erlangga
·         Lingkungan sekitar sekolah

C.        PENILAIAN
1.    Prosedur Penilaian
a.       Penilain proses                                            : menggunakan format penilaian
b.      Penilaian Hasil                                            : menggunakan instrumen hasil belajar
2.    Instrument
a.       Test                                                             :  Pilihan Ganda, Uraian
b.      Non Test                                                     :  Rubrik Penilaian
c.    Kunci jawaban dan pedoman penskoran         :  Terlampir
d.   Tugas                                                                :  Terlampir

Semarang, ........... April  2014
  Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                   Guru Kelas I


...................................                                                                         ..............................
NIP.                                                                                                    NIP.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

terimakasih rppnya semoga menambah kemudahan dalam menunaikan tugas sebagai pendidik

Posting Komentar