RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
SD N 1 Banyumas
Kelas /
Semester : I / I
Tema : Diriku
Sub
tema
: Tubuhku
Alokasi
Waktu : 6 hari ( 6
x( 6 JP x 35 Menit))
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan
guru.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlakmulia.
B.
KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR
Pertemuan 1
:
PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.2. Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku
dalam kehidupan seharihari di rumah dan sekolah
3.2
Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
rumah dan sekolah
Indikator : 3.2.1. Mengidentifikasi tata tertib dalam
belajar dirumah dan di sekolah
4.2.
Melaksanakan tata tertib dirumah dan sekolah
Indikator
: 4.2.1. Menunjukkan sikap tertib selama
pelajaran di kelas
SBDP
1.1.
Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan
2.1.
Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam
mengolah karya seni
3.1 Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi
Indikator : 3.1.1. Mengidentifikasi lagu sebagai salah satu karya
seni
4.7. Menyanyikan lagu
anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
Indikator:
4.7.1.
Menyanyikan lagu dengan irama yang tepat
4.7.2.
Menjelaskan isi lagu yang dinyanyikan
PJOK
1.1.
Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai
anugerah Tuhan yang tidak ternilai
2.1.
Menunjukkan perilaku percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas fisik
dalam bentuk permainan
2.2.
Menunjukkan perilaku santun kepada teman dan guru selama pembelajaran
penjasorkes
3.8
Mengetahui bagian-bagian tubuh sendiri, kegunaan, dan cara menjaga
kebersihannya terutama badan, kuku, kulit, gigi, rambut, hidung, telinga,
tangan dan kaki, serta menjaga kebersihan pakaian yang digunakan
Indikator : 3.8.1. Mengidentifikasi bagian-bagian tubuh
4.8
Mempraktikkan cara memelihara dan menjaga kebersihan bagian bagian tubuh
sendiri terutama badan, kuku, kulit, gigi, rambut, hidung, telinga, tangan dan
kaki, serta menjaga kebersihan pakaian yang digunakan
Indikator
: 4.8.1. Menunjukkan bagian-bagian tubuh
dengan tepat
Matematika
1.1
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.2.
Menunjukkan perilaku teliti dan peduli dengan menata bendabenda di sekitar
ruang kelas berdasarkan dimensi, berat, atau urutan jumlah
3.1
Mengenal lambang bilangan dan mendeskripsikan kemunculan bilangan dengan bahasa
yang sederhana
Indikator : 3.1.1. Mengidentifikasi bilangan dan lambangnya
3.2
Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda benda yang ada di
sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
Indikator
: 3.2.1. membilang bilangan 1-5
4.1 Mengurai
sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau
pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban
Indikator :
4.1.1. Menghitung banyak benda 1-5
4.1.2. Menuliskan lambang bilangan 1-5
Pertemuan
2 :
PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.2. Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku
dalam kehidupan seharihari di rumah dan sekolah
3.2 Mengenal tata
tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
Indikator : 3.2.1. Mengidentifikasi aturan dalam kegiatan
belajar bersama kelompok
4.2.
Melaksanakan tata tertib dirumah dan
sekolah
Indikator
: 4.2.1. mengikuti aturan dalam kegiatan
di sekolah
Bahasa
Indonesia
1.1. Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa
bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
2.2. Memiliki rasa percaya diri terhadap keberadaan
tubuh melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.1.
Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra, wujud dan sifat
benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu pemahaman
Indikator :
3.1.1.
Melengkapi gambar anggota tubuh
3.1.2.
Menyebutkan nama- nama anggota tubuh
4.1.
Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra,
wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian
Indikator : 4.1.1. Membaca
nama-nama anggota tubuh yang dipelajari
SBDP
1.1.
Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan
2.1.
Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam
mengolah karya seni
3.1.
Mengenal cara dari hasil karya seni ekspresi
Indikator : Mengidentifikasi
warna-warnadalam gambar sebagai hasil karya seni
4.1.
Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, dan bentuk berdasarkan hasil
pengamatan di lingkungan sekitar
Indikator :
4.1.1. Menebalkan garis pada gambar anggota tubuh
4.1.2.
Mewarnai gambar- gambar anggota tubuh
4.13.
Membuat karya kreatif dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui
kegiatan melipat, menggunting, dan menempel
Indikator : 4.13.1 Menyusun
potongan-potongan gambar anggota tubuh
Pertemuan 3 :
PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.2. Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku
dalam kehidupan seharihari di rumah dan sekolah
3.2
Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
rumah dan sekolah
Indikator : 3.2.1. Mengidentifikasi aturan di dalam kegiatan
belajar
4.2.
Melaksanakan tata tertib dirumah dan
sekolah
Indikator
: 4.2.1. Mengikuti aturan dalam
melakukan kegiatan
Bahasa
Indonesia
1.1. Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa
persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
2.2. Memiliki rasa percaya diri terhadap keberadaan
tubuh melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.1.
Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra, wujud dan sifat
benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu pemahaman
Indikator : 3.1.1. Mengidentifikasi
bagian tubuh
4.1.
Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra,
wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian
Indikator :
4.1.1. Menirukan
teks deskriptif sederhana tentang anggota tubuh
4.1.2.
Membaca teks deskriptif sederhana tentang anggota tubuh
Matematika
1.1
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.2.
Menunjukkan perilaku teliti dan peduli dengan menata bendabenda di sekitar
ruang kelas berdasarkan dimensi, berat, atau urutan jumlah
3.1
Mengenal lambang bilangan dan mendeskripsikan kemunculan bilangan dengan bahasa
yang sederhana
Indikator : 3.1.1. Mengidentifikasi banyak benda
3.2
Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda benda yang ada di
sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
Indikator
: 3.2.1. Menunjukkan banyak benda sesuai lambang bilangan yang ditentukan (1-5)
4.1
Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau
pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban
Indikator :
4.1.1. Menuliskan lambang bilangan yang sesuai
dengan banyak benda
Pertemuan 4 :
PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.2. Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku
dalam kehidupan seharihari di rumah dan sekolah
3.2
Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
rumah dan sekolah
Indikator : 3.2.1. Mengidentifikasi aturan dalam melakukan
kegiatan di sekolah
4.2.
Melaksanakan tata tertib dirumah dan
sekolah
Indikator
: 4.2.1. Menunjukkan sikap tertib dalam mengikuti
kegiatan
Bahasa
Indonesia
1.1. Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa
bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
2.2. Memiliki rasa percaya diri terhadap keberadaan
tubuh melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.1.
Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra, wujud dan sifat
benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu pemahaman
Indikator : 3.1.1. Menjelaskan
fungsi bagian-bagian tubuh yang dipelajari
4.1.
Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra,
wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian
Indikator :
4.1.1. Menirukan
teks deskriptif sederhana
4.1.2.
Menyusun huruf menjadi nama-nama anggota tubuh
4.1.3.
Menulis nama-nama anggota tubuh dengan cara menebalkan
Pertemuan 5 :
PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.2. Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku
dalam kehidupan seharihari di rumah dan sekolah
3.2
Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
rumah dan sekolah
Indikator :
3.2.1.
• Mengidentifikasi aturan dalam suatu kegiatan bernyanyi sambil bermain
4.2.
Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
Indikator :
4.2.1. • Menunjukkan
perilaku tertib dan teratur selama kegiatan
SBDP
1.1.
Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan
2.1.
Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam
mengolah karya seni
3.1.
Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi
Indikator :
3.1.1. Mengidentifikasi lagu sebagai salah satu
karya seni
3.1.2.
Mengidentifikasi menjiplak sebagai salah satu teknik menggambar
4.1.
Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, dan bentuk berdasarkan hasil
pengamatan di lingkungan sekitar
Indikator :
4.1.1.
Menjiplak telapak tangan dengan pensil atau krayon
4.1.2.
Mewarnai, menggunting, dan menempel pola gambar
4.5
Menyanyikan lagu anak-anak dan memperagakan tepuk birama dengan gerak
Indikator : 4.5.1. Menyanyikan
lagu anak sesuai irama lagu
4.7.
Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
Indikator : 4.7.1. Menjelaskan
isi lagu yang dinyanyikan
PJOK
1.1.
Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai
anugerah Tuhan yang tidak ternilai
2.1.
Menunjukkan perilaku percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas fisik
dalam bentuk permainan
2.2.
Menunjukkan perilaku santun kepada teman dan guru selama pembelajaran penjasorkes
3.2
Mengetahui konsep gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh
yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
Indikator : 3.2.1. Mengidentifikasi
gerak non lokomotor dalam satu permainan
4.2.
Mempraktikkan pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam
berbagai bentuk permainan sederhanadan atau permainan tradisional
Indikator : 4.2.1.
Mempraktikkan gerakan non lokomotor sesuai permainan sederhana
Pertemuan 6 :
PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama
sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.2. Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku
dalam kehidupan seharihari di rumah dan sekolah
3.2
Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
rumah dan sekolah
Indikator :
3.2.1.
• • Mengidentifikasi aturan dalam suatu permainan
4.2.
Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
Indikator :
4.2.1. • Mengikuti
aturan dan tata tertib dalam mengikuti permainan disekolah
Bahasa Indonesia
1.1. Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa
bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
2.2. Memiliki rasa percaya diri terhadap keberadaan
tubuh melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.1.
Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra, wujud dan sifat
benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu pemahaman
Indikator :
3.1.1.
Mengidentifikasi isi teks deskriptif tentang penggunaan kaki
3.1.2.
Menjawab pertanyaan sesuai isi teks deskripsi
4.1.
Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra,
wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian
Indikator :
4.1.1.
Menirukan teks deskriptif tentang permainan yang menggunakan kaki
4.1.2.
Menjelaskan kegunaan kaki sesuai dengan isi teks deskriptif
PJOK
1.1.
Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai
anugerah Tuhan yang tidak ternilai
2.1.
Menunjukkan perilaku percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas fisik
dalam bentuk permainan
2.2.
Menunjukkan perilaku santun kepada teman dan guru selama pembelajaran
penjasorkes
3.1
Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh
yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional.
Indikator :
3.1.1.
Mengidentifikasi gerak lokomotor dalam satu permainan
4.1.
Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh
yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional.
Indikator :
4.1.1. Melakukan gerak lokomotor menggunakan kaki
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1 :
1. Dengan
tanya jawab, siswa dapat Mengidentifikasi tata tertib dalam belajar dirumah dan
di sekolah dengan baik
2. Setelah memahami penjelasan guru, siswa dapat
menunjukkan sikap tata tertib selama
pelajaran di kelas.
3. Setelah
mendengarkan contoh dari guru, siswa dapat menyanyikan lagu “Dua Mata Saya”
dengan syair dan irama lagu yang tepat
4. Dengan
menyanyikan lagu, siswa dapat menjelaskan isi lagu “dua mata saya
5. Setelah
bertanya jawab, siswa dapat menyebutkan nama-nama anggota tubuh dengan tepat.
6. Dengan
bermain, siswa dapat menunjukkan bagian- bagian tubuh dengan tepat.
7. Dengan
menyimak penjelasan guru, siswa dapat mengenal bilangan 1 sampai 5 dengan benar
8. Setelah
mengamati gambar bagian-bagian tubuh, siswa dapat menghitung jumlah anggota
tubuh dengan tepat.
9. Setelah mengamati gambar bagian-bagian tubuh, siswa
dapat menuliskan jumlah anggota tubuh dengan tepat.
Pertemuan
2 :
1. Dengan
tanya jawab tentang tata tertib, siswa dapat Mengidentifikasi aturan dalam
kegiatan belajar bersama kelompok dengan baik
2. Setelah memahami penjelasan guru tentang tata tertib
belajar kelompok , siswa dapat mengikuti aturan dalam kegiatan belajar kelompok yang dilakukan di
sekolah dengan baik
3. Dengan
mengamati gambar anggota tubuh, siswa dapat menyebutkan nam-nama bagian anggota
tubuh dengan benar
4. Dengan
memperhatikan contoh bacaan guru, siswa dapat membaca nama-nama anggota tubuh
dengan tepat.
5. Dengan
bermain kartu pasangan anggota tubuh, siswa dapat memasangkan nama- nama
anggota tubuh secara tepat
6. Dengan
mengamati gambar tubuh manusia yang dibawa guru, siswa dapat mengidentifikasi
warna-warna dalam gambar sebagai hasil karya ekspresi dengan benar.
7. Dengan
bantuan gambar anggota tubuh, siswa dapat menebalkan garis pada gambar dengan
rapi
8. Dengan
melakukan percobaan warna, siswa dapat mewarnai gambar anggota tubuh dengan
tepat.
9. Dengan
bekerja kelompok, siswa dapat menyusun potongan-potongan gambar anggota tubuh
dengan tepat
Pertemuan 3
1. Dengan
tanya jawab tentang tata tertib, siswa dapat Mengidentifikasi aturan dalam
kegiatan belajar dengan baik
2. Setelah memahami penjelasan guru tentang tata tertib
belajar kelompok , siswa dapat mengikuti aturan dalam kegiatan belajar yang dilakukan dengan baik
3. Dengan
menyanyikan nama-nama jari, siswa dapat mengidentifikasi bagian-bagian jari
tangan dengan tepat
4. Setelah
mendengarkan contoh guru, siswa dapat menirukan membaca nyaring teks deskriptif
dengan benar
5. Setelah
mendengarkan bacaan guru, siswa dapat membaca nyaring teks deskriptif dengan
baik
6. Setelah
mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu menunjukkan banyak benda sesuai
dengan lambang bilangan (1—5) dengan tepat.
7. Setelah
mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menuliskan lambang bilangan sesuai
dengan banyak benda.
Pertemuan 4 :
1. Setelah
bertanya jawab, siswa dapat Mengidentifikasi aturan dalam melakukan kegiatan di
sekolah
2. Setelah
memahami aturan-aturan dalam kegiatan di sekolah, siswa dapat Menunjukkan sikap
tertib dalam mengikuti kegiatan
3. Setelah
bertanya jawab, siswa dapat menjelaskan fungsi bagian tubuh dengan benar
4. Setelah
mendengarkan contoh guru, siswa dapa menirukan membaca teks deskriptif dengan
nyaring
5. Dengan
menggunakan kartu huruf siswa dapat menyusun nama-nama anggota tubuh dengan
benar.
6. Setelah
berlatih menulis di udara, di punggung, dan di pasir, siswa dapat menulis
dengan menebalkan namanama anggota tubuh secara benar.
Pertemuan
5 :
1. Setelah mendengarkan
penjelasan guru siswa dapat menunjukkan perilaku tertib
2. Setelah
kegiatan bernyanyi sambil bertepuk, siswa dapat menyanyikan lagu “Kalau Kau
Suka Hati” sambil bergerak dengan benar.
3. Melalui
kegiatan bernyanyi, siswa dapat mennjelaskan isi lagu yang dinyanyikan dengan
benar
4. Melalui permainan gerak dan lagu”kalau kau
suka hati” siswa dapat Mengidentifikasi gerak non lokomotor dalam satu
permainan dengan tepat.
5. Melalui
permainan gerak dan lagu”kalau kau suka hati” siswa dapat mempraktikkkan gerak
non lokomotor dalam satu permainan dengan tepat.
6. Setelah
kegiatan menjiplak, siswa dapat mewarnai gambar dengan menggunakan 4 warna
7. Setelah
mewarnai, siswa dapat menggunting dan menempel hasil jiplakan telapak tangan
dengan rapi. dan teratur selama kegiatan
Pertemuan 6 :
1. Dengan
mendengar teks deskriptif yang dibacakan guru, siswa dapat menirukan membaca
teks deskriptif dengan lancar
2. Dengan
menyimak penjelasan guru, siswa dapat mengidentifikasi aturan permainan yang
menggunakan kaki dengan benar.
3. Dengan
menirukan teks deskriptif yang dibacakan guru, siswa dapat menjelaskan kegunaan
kaki sesuai dengan isi teks deskriptif
4. Setelah
mengamati gambar, siswa dapat menunjukkan kegiatan yan menggunakan kaki.
5.
Setelah bertanya jawab, siswa dapat
menyebutkan kegunaan kaki dengan
tepat
6. Dengan
bermain siswa, dapat menggerakkan kaki sesuai petunjuk permainan.
D. Materi Ajar
1.
Aturan tata tertib kegiatan belajar dirumah dan disekolah
2.
Membaca teks deskriptif tentang anggota tubuh
3.
Bagian-bagian Anggota Tubuh
4.
Menulis nama-nama bagian anggota tubuh
5.
Kegunaan bagian anggota tubuh
6.
Bilangan 1 sampai 5
7.
Banyak Benda
8.
Nama-nama jari
9.
Gerak Non lokomotor
10. Gerak
lokomotor
11. Menebalkan
garis, mewarnai gambar, Menjiplak dan menempel
E.
Metode Pembelajaran
Metode
: ceramah, tanya jawab, diskusi, tugas,
demonstrasi
F. Media , Alat dan Sumber Belajar
1. Media dan Alat Belajar
Pertemuan
1 :
·
Syair
lagu “Dua Mata Saya”
·
Gambar
anggota tubuh manusia yang lengkap
·
Buku
siswa
Pertemuan
2 :
·
Gambar
anggota tubuh yang belum dilengkapi dengan nama-namanya
·
Kartu
nama-nama anggota tubuh (lima set)
·
Buku
siswa
·
Gambar bagian-bagian tubuh
Pertemuan 3 :
• Jari
tangan dan anggota tubuh guru dan siswa
•
Benda-benda di kelas atau di luar kelas
•
Buku Siswa
Pertemuan 4 :
•
Gambar kegiatan yang menggunakan mata, telinga, hidung, dan lidah
•
Teks deskriptif sederhana tentang alat indra
•
Buku siswa
•
Kartu—kartu huruf
Pertemuan 5 :
•
Teks lagu “Kalau Kau Senang Hati”
•
Adonan tepung sagu dengan empat warna
•
Potongan karton polos
Pertemuan 6 :
• Kapur tulis untuk menggambar sarana bermain
Tapak Gunung
•
Gambar kegiatan sehari-hari yang menggunakan kaki
2. Sumber
Belajar :
·
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Daerah.2013. Buku Tematik Terpadu untuk
Siswa kelas I, Tema Diriku Penerbit Kemdikbud
·
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Daerah.2013.Buku Tematik Terpadu untuk
Guru kelas I, Tema Diriku Penerbit Kemdikbud
·
S. Rositawati, Aris Muharram. 2008. Senang Belajar IPA untuk Kelas I Sekolah
Dasar. Penerbit : Pusat Perbukuan Departemen Nasional
·
Solehuddin. 2008. Asyiknya Belajar IPA untuk Kelas I Sekolah Dasar. Penerbit : Pusat
Perbukuan Departemen Nasional
·
Djaelani, Harjono 2008. Matematika I untuk Kelas I Sekolah Dasar. Penerbit :
Pusat Perbukuan Departemen Nasional
·
Umri Nur’ani, 2008. Bahasa Indonesia untuk Kelas I
Sekolah Dasar. Penerbit : Pusat Perbukuan Departemen Nasional
·
Lingkungan sekitar sekolah
G.
Langkah –
Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
:
KEGIATAN
|
DEKSKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Kegiatan Pembuka
|
1.
Guru mengucapkan salam, mengajak siswa
mengawali KBM dengan berdoa, dilanjutkan presensi.( sikap spiritual dan
sosial)
2.
Guru melakukan Apersepsi dengan mengajak siswa bernyanyi bersama
lagu “ Dua Mata saya “
Dua mata saya
Hidung saya satu
Dua kaki saya
Pakai sepatu baru
Dua tangan saya
Yang kiri dan kanan
Satu mulut saya
Tidak berhenti makan
3.
Guru memberikan motivasi
4.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran bahwa hari ini
akan belajar mengenai bagian-bagian anggota tubuh.
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
1. Siswa
menyanyikan lagu bersama-sama disertai tepukan sesuai irama.
2. Setelah
semua siswa bisa menyanyikan lagu tersebut, guru meminta siswa secara
individu/berkelompok untuk menyanyikan lagu tersebut.
3. Siswa
mengungkapkan perasaannya setelah bernyanyi di bawah bimbingan guru.
4. Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang isi lagu yang telah dinyanyikan
5. Siswa
mengamati gambar bagian-bagian tubuh yang ditunjukkan oleh guru
6. Siswa
dan guru melakukan tanya jawab berkaitan dengan nama-nama anggota tubuh
dengan menunjuk bagian-bagian tubuh pada gambar.
7. Siswa
bersama guru mengingat kembali bilangan dengan membilang 1- 5.
8. Kemudian
siswa berlatih menghitung banyaknya bagian-bagian tubuh seperti yang ada di
buku siswa.
9. Guru
menutup kegiatan dengan menyanyikan lagu “Kepala Pundak”.
Kepala
Pundak
Kepala
pundak lutut kaki lutut kaki
Kepala
pundak lutut kaki lutut kaki
Daun
telinga, mata, hidung, mulut
Kepala
pundak lutut kaki lutut kaki
10. Setelah
mengerjakan lembar latihan, guru menjelaskan bahwa dalam permainan ini siswa
akan memegang bagian tubuh sesuai instruksi guru.
11. Siswa
diminta berdiri membentuk lingkaran.
12. Guru
akan mengucapkan kata “Ibu berkata... pegang hidung! (maka siswa diminta
memegang hidungnya).
13. Untuk
melatih konsentrasi siswa, guru memegang bagian tubuh yang tidak sama dengan
yang disebutkan guru. Misalnya guru meminta siswa memegang telinga, tapi guru
memegang kepala.
14. Seterusnya,
siswa diminta memegang anggota tubuh secara bergantian sesuai aba-aba guru.
15. Selesai
kegiatan siswa diminta maju ke depan dan menyebutkan nama-nama anggota tubuh
sesuai dengan permainan.
|
180 menit
|
Kegiatan Penutup
|
1.
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil
pembelajaran pada pertemuan hari ini.(mengkomunikasikan)
2.
Guru memberikan kesempatan kepada beberapa siswa
untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
(mengkomunikasikan)
3.
Guru melakukan evaluasi tes tertulis dan
melakukan penilaian
4.
Guru memberikan tugas PR
5.
Memberi penguatan dan refleksi
6.
Guru menutup pembelajaran dengan Berdoa bersama dan
memberikan salam.
|
20 menit
|
|
|
|
Pertemuan 2:
KEGIATAN
|
DEKSKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Kegiatan Pembuka
|
“
anak-anak, apakah kalian ingat
bagian-bagian tubuh kita? Coba sebutkan?”
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
1.
Siswa diminta menyebutkan
nama-nama anggota tubuh sesuai dengan apa yang mereka ketahui.
2.
Guru menyiapkan kartu-kartu kata
yang bertuliskan nama-nama anggota tubuh.
3.
Siswa mengamati gambar anggota
tubuh yang sudah dilengkapi dengan nama-namanya di halaman buku siswa.
4.
Siswa membaca nama-nama anggota
tubuh yang ada pada gambar di bawah bimbingan guru.
5.
Siswa mengikuti dan menirukan
cara membaca nama-nama anggota tubuh yang dipaparkan guru
6.
Siswa diminta membaca nama-nama
anggota tubuh tersebut secara bergantian.
7.
Siswa dibagi ke dalam kelompok-
kelompok kecil, satu kelompok 2 orang.
8.
Guru menjelaskan aturan-aturan
dalam belajar bersama dengan kelompok
9.
Siswa melakukan permainan
memasangkan kartu nama-nama anggota tubuh dengan gambar yang sudah disiapkan
secara berkelompok
10.
Siswa diminta mengikuti
aturan-aturan yang telah dijelaskan
11.
Siswa menempelkan hasil pekerjaan
kelompoknya di kertas karton.
12.
Guru bersama siswa membahas hasil
kerja siswa
13.
Siswa diminta mengamati gambar
tubuh yang telah diberi warna
14.
Siswa diminta menyebutkan
warna-warna yang ada dalam gambar.
15.
Siswa diberikan tugas untuk
menebalkan gambar anggota tubuh dan memberi warna
16.
guru menyiapkan potongan-potongan
gambar anggota tubuh beberapa set.
17.
Siswa diminta membentuk kelompok
terdiri dari maksimum 5 kelompok.
18.
Masing-masing kelompok diberikan
satu set potongan gambar anggota tubuh.
19.
Setiap kelompok berkompetisi
menyusun potonganpotongan gambar tersebut menjadi gambar tubuh manusia secara
utuh.
20. Kelompok yang paling cepat menyelesaikan tugasnya akan
mendapatkan apresiasi dari guru dan lainnya.
21. Siswa mengerjakan latihan di lembar kerja di buku siswa tentang
melengkapi bagian tubuh.
22. Siswa diminta mengerjakan latihan menebalkan huruf di buku siswa
23. Guru dan siswa membahas hasil kerja siswa
|
180 menit
|
Kegiatan Penutup
|
1.
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil
pembelajaran pada pertemuan hari ini.(mengkomunikasikan)
2.
Guru memberikan kesempatan kepada beberapa siswa
untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
(mengkomunikasikan)
3.
Guru melakukan evaluasi tes tertulis dan
melakukan penilaian
4.
Guru memberikan tugas PR
5.
Memberi penguatan dan refleksi
6.
Guru menutup pembelajaran dengan Berdoa bersama dan
memberikan salam.
|
20 menit
|
|
|
|
Pertemuan 3 :
KEGIATAN
|
DEKSKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Kegiatan Pembuka
|
Nama
Jari
Ibu
jari pertama
Telunjuk
yang kedua
Ketiga
jari tengah
Keempat
jari manis
Kelima
itu kelingking
Tra
la la la la la la la la 4x
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
1. Siswa
menjawab pertanyaan dari guru tentang lagu
“Nama-Nama Jari”. Yang telah dinyanyikan bersmaa
2. Guru
menjelaskan konsep bilangan 1—5 dengan menggunakan jari tangan dan anggota
tubuh lainnya.
3. Siswa
secara bergantian menunjukkan jari tangan sesuai bilangan yang ditentukan
(1—5) di bawah bimbingan guru.
4. Siswa
diminta mencari benda-benda di kelas atau di luar kelas sejumlah bilangan
tertentu yang sedang dipelajari.
5. Siswa
diminta menunjukkan benda-benda yang mereka kumpulkan dan menjelaskan banyak
bendabenda tersebut.
6. Di
akhir kegiatan, guru meminta siswa kembali menyanyikan lagu “Nama-Nama Jari”.
7. Siswa mengerjakan latihan di buku siswa hal. 39
8. Setelah siswa menyelesaikansoal latihan, guru menyiapkan teks
deskriptif sederhana tentang anggota tubuh.
ini
i-n-i i-ni
mata
m-a-t-a ma-ta
kaki
k-a-k-i ka-ki
saya
s-a-y-a sa-ya
dua
d-u-a du-a
9.
Siswa menirukan guru
membaca nyaring teks deskriptif tersebut dan mengulangnya sampai 3x.
10. Siswa secara bergantian membaca teks sederhana di bawah
bimbingan guru.
11. Guru mengajukan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman siswa
terhadap isi bacaan
.
|
180 menit
|
Kegiatan Penutup
|
1.
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil
pembelajaran pada pertemuan hari ini.(mengkomunikasikan)
2.
Guru memberikan kesempatan kepada beberapa siswa
untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
(mengkomunikasikan)
3.
Guru melakukan evaluasi tes tertulis dan
melakukan penilaian
4.
Guru memberikan tugas PR
5.
Memberi penguatan dan refleksi
6.
Guru menutup pembelajaran dengan Berdoa bersama dan memberikan
salam.
|
20 menit
|
|
|
|
Pertemuan 4 :
KEGIATAN
|
DEKSKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Kegiatan Pembuka
|
“siapa
yang tahu fungsi hidung?”
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
1. Siswa
diminta mengamati gambar tentang berbagai kegiatan yang dilakukan dengan
bagian tubuh
2. Guru
mengajukan beberapa pertanyaan berkaitan dengan kegunaan bagian tubuh sesuai
gambar.
·
Apa yang kalian lihat pada
gambar?
·
Kegiatan apa yang dilakukan oleh
orang-orang yang kamu lihat pada gambar?
·
Bagian tubuh apa yang digunakan
pada kegiatan tersebut?,
3. Kemudian,
guru membaca teks sederhana tentang alat indra dan fungsinya.
4. Siswa
secara bergantian menirukan membaca teks sesuai contoh.
5. Kemudian
siswa berlatih menebalkan huruf yang ada pada buku siswa.
6. Setelah
itu, siswa melakukan permainan menyusun huruf menjadi nama-nama bagian tubuh
yang terdiri dari 4 huruf dengan bimbingan guru.
7. Siswa
dibagi menjadi 4 kelompok.
8. Guru
membagikan kartu-kartu huruf kepada masingmasing kelompok.
9. Siswa
menempelkan hasil kerjanya di kertas/karton.
10. Siswa
menyusun huruf-huruf tersebut menjadi kata nama-nama bagian tubuh.
11. Masing-masing
kelompok diminta membacakan katakata yang sudah dibentuknya.
12. Agar
permainan lebih seru, guru menjadikannya sebuah kompetisi antarkelompok.
13. Selanjutnya,
siswa berlatih menulis dengan cara menebalkan huruf seperti yang ada di buku
siswa.
14. siswa
mengulang membaca nyaring dengan bimbingan guru
|
180 menit
|
Kegiatan Penutup
|
1.
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil
pembelajaran pada pertemuan hari ini.(mengkomunikasikan)
2.
Guru memberikan kesempatan kepada beberapa siswa
untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
(mengkomunikasikan)
3.
Guru melakukan evaluasi tes tertulis dan
melakukan penilaian
4.
Guru memberikan tugas PR
5.
Memberi penguatan dan refleksi
6.
Guru menutup pembelajaran dengan Berdoa bersama dan
memberikan salam.
|
20 menit
|
|
|
|
Pertemuan 5
:
KEGIATAN
|
DEKSKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Kegiatan Pembuka
|
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
1.
Guru mengajak siswa keluar kelas.
2.
Siswa diminta untuk membuat 2 kelompok
lingkaran besar.
3.
Siswa diminta menyanyikan lagu
“Kalau Kau Senang Hati” bersama-sama sambil berlatih gerak bertepuk mengikuti
irama lagu.
4.
Kata-kata ‘tepuk tangan lalu
diganti dengan petik jari, tepuk paha, hentak kaki, dan lakukan semua.
5.
Pada saat kata-kata “lakukan
semua” siswa melakukan tepuk tangan, petik jari, tepuk paha, hentak kaki, dan
hore secara berurutan.
6.
Masing-masing kelompok diminta untuk
menyanyi secara bergantian.
7.
Kegiatan ditutup dengan guru
meminta siswa mencari teman untuk bermain tepuk tangan bersilang secara berpasangan.
8.
Gerakannya adalah sebagai
berikut.
a. Masing-masing
bertepuk, lalu bertepuk ke kedua tangan teman.
b.Telapak
tangan kanan bertepuk dengan telapak tangan kanan teman.
c. Telapak
tangan kiri bertepuk dengan telapak tangan kiri teman.
d.
Masing-masing bertepuk, lalu
menepuk kedua bahu, lutut, dan memegang ujung jari kaki.
9.
Setelah itu, siswa mendengar
penjelasan guru tentang kegiatan menjiplak telapak tangan.
10.
Guru meletakkan 4 macam warna
adonan bersamaan dengan 1 tempat air untuk membasahi tangan dan handuk kecil
/ lap untuk melap tangan.
11.
Siswa dibagi menjadi 4 kelompok.
Setiap kelompok mendapatkan 1 karton manila warna putih yang diletakkan pada
tempat yang berbeda.
12.
Setiap siswa dari kelompok diminta
meletakkan telapak tangannya (dibasahi terlebih dahulu) sambil ditekan di
atas adonan dengan warna yang berbeda dan mencetaknya di karton sehingga
terdapat 4 warna cetakan telapak tangan siswa.
13.
Setelah mencetak siswa mencuci
tangannya dan melapnya.
14.
Guru memberi nama pada tiap
cetakan telapak tangan dan biarkan mengering (dapat dipajang di kelas).
15.
Guru menjelaskan untuk
mendapatkan hasil yang baik pada saat menjiplak, telapak tangan ditekan yang
kuat dan tidak bergerak, setelah cetakan telapak tangan
16.
Setelah selesai, siswa diminta
mengganti cetakan tersebut.
17.
Guru memberi contoh cara memegang
dan menggunting dengan benar.
18.
Siswa diminta menggunting, dan
menempel di karton yang telah disediakan oleh guru.
|
180 menit
|
Kegiatan Penutup
|
1.
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil
pembelajaran pada pertemuan hari ini.(mengkomunikasikan)
2.
Guru memberikan kesempatan kepada beberapa siswa
untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
(mengkomunikasikan)
3.
Guru melakukan evaluasi tes tertulis dan
melakukan penilaian
4.
Guru memberikan tugas PR
5.
Memberi penguatan dan refleksi
6.
Guru menutup pembelajaran dengan Berdoa bersama dan
memberikan salam.
|
20 menit
|
|
|
|
Pertemuan 6
:
KEGIATAN
|
DEKSKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Kegiatan Pembuka
|
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
1. Guru
membacakan teks deskriptif tentang permainan dengan kaki
2. Siswa
menirukan teks deskriptif yang dibacakan guru
3. Guru
bertanya permainan apa saja yang menggunakan kaki sesuai dengan isi teks
4. Siswa
diminta mengingat salah satu
permaianan yang telah dibaca yaitu adalah pada permainan Tapak Gunung.
5. Siswa
diajak ke luar kelas untuk bermain Tapak Gunung.
6. Siswa diminta berbaris dengan rapi dan
tertib.
7. Guru
memandu siswa melakukan gerakan-gerakan di tempat baik gerakan tangan, kaki,
kepala, pinggul dan sebagainya untuk pemanasan.
8. Kemudian
guru meminta siswa untuk berlari beberapa putaran (guru menyesuaikan)
9. Guru
meminta siswa membentuk kelompok (jumlah disesuaikan dengan jumlah murid di
sekolah).
10. Guru
menggambar sarana bermain tapak gunung (engklek) di atas area bermain.
11. Guru
menjelaskan aturan dan tata tertib pemainan, serta pentingnya mengikuti
aturan/tata tertib dalam permainan.
12. Masing-masing
siswa diminta mencari gacoan (pecahan genting, atau koin).
13. Kemudian
siswa melakukan permainan tapak gunung berkelompok.
14. Guru
mengamati dan mengarahkan siswa selama bermain.
15. Setelah
selesai guru mengajak siswa mendiskusikan halhal yang dapat diambil sebagai
pelajaran dari permainan tersebut.
16. Setelah
diskusi, guru menyampaikan informasi bahwa siswa akan melihat lebih jauh
kegiatan-kegiatan lain yang menggunakan kaki.
17. Siswa
diminta mengamati gambar di buku siswa.
18. Guru
mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang sedang
diamati dengan pertanyaan-pertanyaan terbuka yang membuat siswa menggunakan
kemampuan berpikir kritis misalnya guru menanyakan apa yang dapat siswa amati
dari gambar tersebut, apa hubungan gambar-gambar tersebut dengan pelajaran
yang sudah dipelajari sebelumnya.
19. Siswa
diminta memberikan contoh-contoh kegiatan lain yang berhubungan dengan
kegunaan kaki.
20. Setelah
diskusi siswa diminta mengerjakan lembar kerja yang berhubungan dengan
kegunaan kaki, dan perilaku yang baik dalam menggunakan kaki.
21. guru
menanyakan kembali kegiatankegiatan yang menggunakan kaki.
22. Guru menyampaikan bahwa kita harus bersyukur
mempunyai kaki yang sangat berguna.
|
180 menit
|
Kegiatan Penutup
|
1.
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil
pembelajaran pada pertemuan hari ini.(mengkomunikasikan)
2.
Guru memberikan kesempatan kepada beberapa siswa
untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
(mengkomunikasikan)
3.
Guru melakukan evaluasi tes tertulis dan
melakukan penilaian
4.
Guru memberikan tugas PR
5.
Memberi penguatan dan refleksi
6.
Guru menutup pembelajaran dengan Berdoa bersama dan
memberikan salam.
|
20 menit
|
|
|
|
H. PENILAIAN
1.
Prosedur
Penilaian
a.
Penilain
proses :
menggunakan format penilaian
b.
Penilaian
Hasil :
menggunakan instrumen hasil belajar
2.
Instrument
a.
Test :
Pilihan Ganda, Isian Singkat
b.
Non
Test : Rubrik Penilaian
c.
Kunci jawaban dan pedoman penskoran :
Terlampir
d.
Tugas : Terlampir
Semarang, ........... April 2014
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
Kelas I
................................... ..............................
NIP. NIP.
0 komentar:
Posting Komentar