Selasa, 08 Juli 2014

RPP Kelas 1 Tema Diriku Sub Tema : Tubuhku



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                       : SD N 1 Banyumas
Kelas / Semester        : I / I
Tema                          : Diriku
Sub tema                    : Tubuhku
Alokasi Waktu           : 6 hari ( 6 x( 6 JP x 35 Menit))
A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlakmulia. 

B.     KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR
Pertemuan 1 :
PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.2. Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan seharihari di rumah dan sekolah
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan  sekolah
Indikator :  3.2.1. Mengidentifikasi tata tertib dalam belajar dirumah dan di sekolah
4.2. Melaksanakan  tata tertib dirumah dan sekolah
Indikator :  4.2.1. Menunjukkan sikap tertib selama pelajaran di kelas

SBDP
1.1. Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan
2.1. Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
3.1  Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi
Indikator : 3.1.1.  Mengidentifikasi lagu sebagai salah satu karya seni
4.7.  Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
Indikator:
4.7.1. Menyanyikan lagu dengan irama yang tepat
4.7.2.  Menjelaskan isi lagu yang dinyanyikan

PJOK
1.1. Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan yang tidak ternilai
2.1. Menunjukkan perilaku percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan
2.2. Menunjukkan perilaku santun kepada teman dan guru selama pembelajaran penjasorkes
3.8 Mengetahui bagian-bagian tubuh sendiri, kegunaan, dan cara menjaga kebersihannya terutama badan, kuku, kulit, gigi, rambut, hidung, telinga, tangan dan kaki, serta menjaga kebersihan pakaian yang digunakan
Indikator : 3.8.1. Mengidentifikasi bagian-bagian tubuh
4.8 Mempraktikkan cara memelihara dan menjaga kebersihan bagian bagian tubuh sendiri terutama badan, kuku, kulit, gigi, rambut, hidung, telinga, tangan dan kaki, serta menjaga kebersihan pakaian yang digunakan
Indikator :  4.8.1. Menunjukkan bagian-bagian tubuh dengan tepat

Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.2. Menunjukkan perilaku teliti dan peduli dengan menata bendabenda di sekitar ruang kelas berdasarkan dimensi, berat, atau urutan jumlah
3.1 Mengenal lambang bilangan dan mendeskripsikan kemunculan bilangan dengan bahasa yang sederhana
Indikator :  3.1.1. Mengidentifikasi bilangan dan lambangnya
3.2 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
Indikator : 3.2.1. membilang bilangan 1-5
4.1       Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban
Indikator :
4.1.1. Menghitung banyak benda 1-5
4.1.2. Menuliskan lambang bilangan 1-5

Pertemuan 2 :
PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.2. Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan seharihari di rumah dan sekolah
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan  sekolah
Indikator :  3.2.1. Mengidentifikasi aturan dalam kegiatan belajar bersama kelompok
4.2. Melaksanakan  tata tertib dirumah dan sekolah
Indikator :  4.2.1. mengikuti aturan dalam kegiatan di sekolah

Bahasa Indonesia
1.1. Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
2.2. Memiliki rasa percaya diri terhadap keberadaan tubuh melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.1. Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
Indikator :
3.1.1. Melengkapi gambar anggota tubuh
3.1.2. Menyebutkan nama- nama anggota tubuh
4.1. Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Indikator : 4.1.1. Membaca nama-nama anggota tubuh yang dipelajari
SBDP
1.1. Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan
2.1. Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
3.1. Mengenal cara dari hasil karya seni ekspresi
Indikator :  Mengidentifikasi warna-warnadalam gambar sebagai hasil karya seni
4.1. Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
Indikator : 
4.1.1.  Menebalkan garis pada gambar anggota tubuh
4.1.2. Mewarnai gambar- gambar anggota tubuh

4.13. Membuat karya kreatif dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melalui kegiatan melipat, menggunting, dan menempel
Indikator :  4.13.1 Menyusun potongan-potongan gambar anggota tubuh

Pertemuan 3 :
PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.2. Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan seharihari di rumah dan sekolah
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan  sekolah
Indikator :  3.2.1. Mengidentifikasi aturan di dalam kegiatan belajar
4.2. Melaksanakan  tata tertib dirumah dan sekolah
Indikator :  4.2.1. Mengikuti aturan dalam melakukan kegiatan


Bahasa Indonesia
1.1. Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
2.2. Memiliki rasa percaya diri terhadap keberadaan tubuh melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.1. Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
Indikator :  3.1.1. Mengidentifikasi bagian tubuh
4.1. Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Indikator :
4.1.1. Menirukan teks deskriptif sederhana tentang anggota tubuh
4.1.2. Membaca teks deskriptif sederhana tentang anggota tubuh

Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.2. Menunjukkan perilaku teliti dan peduli dengan menata bendabenda di sekitar ruang kelas berdasarkan dimensi, berat, atau urutan jumlah
3.1 Mengenal lambang bilangan dan mendeskripsikan kemunculan bilangan dengan bahasa yang sederhana
Indikator :  3.1.1. Mengidentifikasi banyak benda
3.2 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
Indikator : 3.2.1. Menunjukkan banyak benda sesuai lambang bilangan yang ditentukan (1-5)
4.1 Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban
Indikator :
4.1.1. Menuliskan lambang bilangan yang sesuai dengan banyak benda

Pertemuan 4 :
PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.2. Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan seharihari di rumah dan sekolah
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan  sekolah
Indikator :  3.2.1. Mengidentifikasi aturan dalam melakukan kegiatan di sekolah
4.2. Melaksanakan  tata tertib dirumah dan sekolah
Indikator :  4.2.1. Menunjukkan sikap tertib dalam mengikuti kegiatan

Bahasa Indonesia
1.1. Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
2.2. Memiliki rasa percaya diri terhadap keberadaan tubuh melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.1. Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
Indikator :  3.1.1. Menjelaskan fungsi bagian-bagian tubuh yang dipelajari
4.1. Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Indikator :
4.1.1. Menirukan teks deskriptif sederhana
4.1.2. Menyusun huruf menjadi nama-nama anggota tubuh
4.1.3. Menulis nama-nama anggota tubuh dengan cara menebalkan
Pertemuan 5 :
PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.2. Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan seharihari di rumah dan sekolah
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
Indikator :
3.2.1. • Mengidentifikasi aturan dalam suatu kegiatan bernyanyi sambil bermain
4.2. Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
Indikator :
4.2.1. • Menunjukkan perilaku tertib dan teratur selama kegiatan

SBDP
1.1. Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan
2.1. Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni
3.1. Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi
Indikator :
3.1.1.  Mengidentifikasi lagu sebagai salah satu karya seni
3.1.2. Mengidentifikasi menjiplak sebagai salah satu teknik menggambar

4.1. Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
Indikator :
4.1.1. Menjiplak telapak tangan dengan pensil atau krayon
4.1.2. Mewarnai, menggunting, dan menempel pola gambar

4.5 Menyanyikan lagu anak-anak dan memperagakan tepuk birama dengan gerak
Indikator : 4.5.1. Menyanyikan lagu anak sesuai irama lagu

4.7. Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
Indikator : 4.7.1. Menjelaskan isi lagu yang dinyanyikan
PJOK
1.1. Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan yang tidak ternilai
2.1. Menunjukkan perilaku percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan
2.2. Menunjukkan perilaku santun kepada teman dan guru selama pembelajaran penjasorkes
3.2 Mengetahui konsep gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
Indikator :  3.2.1. Mengidentifikasi gerak non lokomotor dalam satu permainan
4.2. Mempraktikkan pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhanadan atau permainan tradisional
Indikator : 4.2.1. Mempraktikkan gerakan non lokomotor sesuai permainan sederhana

Pertemuan 6 :
PPKn
1.1 Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah
2.2. Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan seharihari di rumah dan sekolah
3.2 Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
Indikator :
3.2.1. • • Mengidentifikasi aturan dalam suatu permainan

4.2. Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
Indikator :
4.2.1. • Mengikuti aturan dan tata tertib dalam mengikuti permainan disekolah
Bahasa Indonesia
1.1. Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah
2.2. Memiliki rasa percaya diri terhadap keberadaan tubuh melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah
3.1. Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
Indikator :
3.1.1. Mengidentifikasi isi teks deskriptif tentang penggunaan kaki
3.1.2. Menjawab pertanyaan sesuai isi teks deskripsi
4.1. Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Indikator :
4.1.1. Menirukan teks deskriptif tentang permainan yang menggunakan kaki
4.1.2. Menjelaskan kegunaan kaki sesuai dengan isi teks deskriptif
PJOK
1.1. Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan yang tidak ternilai
2.1. Menunjukkan perilaku percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan
2.2. Menunjukkan perilaku santun kepada teman dan guru selama pembelajaran penjasorkes
3.1 Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
Indikator :
3.1.1. Mengidentifikasi gerak lokomotor dalam satu permainan
4.1. Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
Indikator : 4.1.1. Melakukan gerak lokomotor menggunakan kaki

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1 :
1.      Dengan tanya jawab, siswa dapat Mengidentifikasi tata tertib dalam belajar dirumah dan di sekolah dengan baik
2.      Setelah  memahami penjelasan guru, siswa dapat menunjukkan sikap  tata tertib selama pelajaran di kelas.
3.      Setelah mendengarkan contoh dari guru, siswa dapat menyanyikan lagu “Dua Mata Saya” dengan syair dan irama lagu yang tepat
4.      Dengan menyanyikan lagu, siswa dapat menjelaskan isi lagu “dua mata saya
5.      Setelah bertanya jawab, siswa dapat menyebutkan nama-nama anggota tubuh dengan tepat.
6.      Dengan bermain, siswa dapat menunjukkan bagian- bagian tubuh dengan tepat.
7.      Dengan menyimak penjelasan guru, siswa dapat mengenal bilangan 1 sampai 5 dengan benar
8.      Setelah mengamati gambar bagian-bagian tubuh, siswa dapat menghitung jumlah anggota tubuh dengan tepat.
9.       Setelah mengamati gambar bagian-bagian tubuh, siswa dapat menuliskan jumlah anggota tubuh dengan tepat.
Pertemuan 2 :
1.      Dengan tanya jawab tentang tata tertib, siswa dapat Mengidentifikasi aturan dalam kegiatan belajar bersama kelompok dengan baik
2.      Setelah  memahami penjelasan guru tentang tata tertib belajar kelompok , siswa dapat mengikuti aturan dalam  kegiatan belajar kelompok yang dilakukan di sekolah dengan baik
3.      Dengan mengamati gambar anggota tubuh, siswa dapat menyebutkan nam-nama bagian anggota tubuh dengan benar
4.      Dengan memperhatikan contoh bacaan guru, siswa dapat membaca nama-nama anggota tubuh dengan tepat.
5.      Dengan bermain kartu pasangan anggota tubuh, siswa dapat memasangkan nama- nama anggota tubuh secara tepat
6.      Dengan mengamati gambar tubuh manusia yang dibawa guru, siswa dapat mengidentifikasi warna-warna dalam gambar sebagai hasil karya ekspresi dengan benar.
7.      Dengan bantuan gambar anggota tubuh, siswa dapat menebalkan garis pada gambar dengan rapi
8.      Dengan melakukan percobaan warna, siswa dapat mewarnai gambar anggota tubuh dengan tepat.
9.      Dengan bekerja kelompok, siswa dapat menyusun potongan-potongan gambar anggota tubuh dengan tepat
Pertemuan 3
1.      Dengan tanya jawab tentang tata tertib, siswa dapat Mengidentifikasi aturan dalam kegiatan belajar  dengan baik
2.      Setelah  memahami penjelasan guru tentang tata tertib belajar kelompok , siswa dapat mengikuti aturan dalam  kegiatan belajar yang dilakukan dengan baik
3.      Dengan menyanyikan nama-nama jari, siswa dapat mengidentifikasi bagian-bagian jari tangan dengan tepat
4.      Setelah mendengarkan contoh guru, siswa dapat menirukan membaca nyaring teks deskriptif dengan benar
5.      Setelah mendengarkan bacaan guru, siswa dapat membaca nyaring teks deskriptif dengan baik
6.      Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu menunjukkan banyak benda sesuai dengan lambang bilangan (1—5) dengan tepat.
7.      Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menuliskan lambang bilangan sesuai dengan banyak benda.
Pertemuan 4 :
1.      Setelah bertanya jawab, siswa dapat Mengidentifikasi aturan dalam melakukan kegiatan di sekolah
2.      Setelah memahami aturan-aturan dalam kegiatan di sekolah, siswa dapat Menunjukkan sikap tertib dalam mengikuti kegiatan
3.      Setelah bertanya jawab, siswa dapat menjelaskan fungsi bagian tubuh dengan benar
4.      Setelah mendengarkan contoh guru, siswa dapa menirukan membaca teks deskriptif dengan nyaring
5.      Dengan menggunakan kartu huruf siswa dapat menyusun nama-nama anggota tubuh dengan benar.
6.      Setelah berlatih menulis di udara, di punggung, dan di pasir, siswa dapat menulis dengan menebalkan namanama anggota tubuh secara benar.
Pertemuan 5 :
1.       Setelah mendengarkan penjelasan guru siswa dapat menunjukkan perilaku tertib
2.      Setelah kegiatan bernyanyi sambil bertepuk, siswa dapat menyanyikan lagu “Kalau Kau Suka Hati” sambil bergerak dengan benar.
3.      Melalui kegiatan bernyanyi, siswa dapat mennjelaskan isi lagu yang dinyanyikan dengan benar
4.       Melalui permainan gerak dan lagu”kalau kau suka hati” siswa dapat Mengidentifikasi gerak non lokomotor dalam satu permainan dengan tepat.
5.      Melalui permainan gerak dan lagu”kalau kau suka hati” siswa dapat mempraktikkkan gerak non lokomotor dalam satu permainan dengan tepat.
6.      Setelah kegiatan menjiplak, siswa dapat mewarnai gambar dengan menggunakan 4 warna
7.      Setelah mewarnai, siswa dapat menggunting dan menempel hasil jiplakan telapak tangan dengan rapi. dan teratur selama kegiatan
Pertemuan 6 :
1.      Dengan mendengar teks deskriptif yang dibacakan guru, siswa dapat menirukan membaca teks deskriptif dengan lancar
2.      Dengan menyimak penjelasan guru, siswa dapat mengidentifikasi aturan permainan yang menggunakan kaki dengan benar.
3.      Dengan menirukan teks deskriptif yang dibacakan guru, siswa dapat menjelaskan kegunaan kaki sesuai dengan isi teks deskriptif
4.      Setelah mengamati gambar, siswa dapat menunjukkan kegiatan yan menggunakan kaki.
5.      Setelah bertanya jawab, siswa dapat menyebutkan kegunaan kaki dengan tepat
6.      Dengan bermain siswa, dapat menggerakkan kaki sesuai petunjuk permainan.
D.    Materi Ajar
1.      Aturan tata tertib kegiatan belajar  dirumah dan disekolah
2.      Membaca teks deskriptif tentang anggota tubuh
3.      Bagian-bagian Anggota Tubuh
4.      Menulis nama-nama bagian anggota tubuh
5.      Kegunaan bagian anggota tubuh
6.      Bilangan 1 sampai 5
7.      Banyak Benda
8.      Nama-nama jari
9.      Gerak Non lokomotor
10.  Gerak lokomotor
11.  Menebalkan garis, mewarnai gambar, Menjiplak dan menempel

E.     Metode Pembelajaran
Metode                 : ceramah, tanya jawab, diskusi, tugas, demonstrasi
F.      Media , Alat dan Sumber Belajar
1.      Media            dan Alat Belajar
Pertemuan 1 :                      
·         Syair lagu “Dua Mata Saya”
·         Gambar anggota tubuh manusia yang lengkap
·         Buku siswa
Pertemuan 2 :
·         Gambar anggota tubuh yang belum dilengkapi dengan nama-namanya
·         Kartu nama-nama anggota tubuh (lima set)
·         Buku siswa
·         Gambar bagian-bagian tubuh
Pertemuan 3 :
Jari tangan dan anggota tubuh guru dan siswa
• Benda-benda di kelas atau di luar kelas
• Buku Siswa
Pertemuan 4 :
• Gambar kegiatan yang menggunakan mata, telinga, hidung, dan lidah
• Teks deskriptif sederhana tentang alat indra
• Buku siswa
• Kartu—kartu huruf
Pertemuan 5 :
• Teks lagu “Kalau Kau Senang Hati”
• Adonan tepung sagu dengan empat warna
• Potongan karton polos
Pertemuan 6 :
 • Kapur tulis untuk menggambar sarana bermain Tapak Gunung
• Gambar kegiatan sehari-hari yang menggunakan kaki
2.      Sumber Belajar          :
·         Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Daerah.2013. Buku Tematik Terpadu untuk Siswa kelas I, Tema Diriku Penerbit Kemdikbud
·         Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Daerah.2013.Buku Tematik Terpadu untuk Guru kelas I, Tema Diriku Penerbit Kemdikbud
·         S. Rositawati, Aris Muharram. 2008. Senang Belajar IPA untuk Kelas I Sekolah Dasar. Penerbit : Pusat Perbukuan Departemen Nasional
·         Solehuddin. 2008. Asyiknya Belajar IPA untuk Kelas I Sekolah Dasar. Penerbit : Pusat Perbukuan Departemen Nasional
·         Djaelani, Harjono 2008. Matematika I  untuk Kelas I Sekolah Dasar. Penerbit : Pusat Perbukuan Departemen Nasional
·         Umri Nur’ani, 2008. Bahasa Indonesia  untuk Kelas I Sekolah Dasar. Penerbit : Pusat Perbukuan Departemen Nasional
·         Lingkungan sekitar sekolah
G.    Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 :
KEGIATAN
DEKSKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Kegiatan Pembuka

1.      Guru mengucapkan salam, mengajak siswa mengawali  KBM dengan berdoa, dilanjutkan presensi.( sikap spiritual dan sosial)
2.      Guru melakukan Apersepsi  dengan mengajak siswa bernyanyi bersama lagu “ Dua Mata saya “
Dua mata saya
Hidung saya satu
Dua kaki saya
Pakai sepatu baru
Dua tangan saya
Yang kiri dan kanan
Satu mulut saya
Tidak berhenti makan
3.      Guru memberikan motivasi
4.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran bahwa hari ini akan belajar mengenai bagian-bagian anggota tubuh.
10 menit


Kegiatan Inti
1.      Siswa menyanyikan lagu bersama-sama disertai tepukan sesuai irama.
2.      Setelah semua siswa bisa menyanyikan lagu tersebut, guru meminta siswa secara individu/berkelompok untuk menyanyikan lagu tersebut.
3.      Siswa mengungkapkan perasaannya setelah bernyanyi di bawah bimbingan guru.
4.      Siswa menjawab pertanyaan guru tentang isi lagu yang telah dinyanyikan
5.      Siswa mengamati gambar bagian-bagian tubuh yang ditunjukkan oleh  guru
6.      Siswa dan guru melakukan tanya jawab berkaitan dengan nama-nama anggota tubuh dengan menunjuk bagian-bagian tubuh pada gambar.
7.      Siswa bersama guru mengingat kembali bilangan dengan membilang 1- 5.
8.      Kemudian siswa berlatih menghitung banyaknya bagian-bagian tubuh seperti yang ada di buku siswa.
9.      Guru menutup kegiatan dengan menyanyikan lagu “Kepala Pundak”.
Kepala Pundak
Kepala pundak lutut kaki lutut kaki
Kepala pundak lutut kaki lutut kaki
Daun telinga, mata, hidung, mulut
Kepala pundak lutut kaki lutut kaki
10.  Setelah mengerjakan lembar latihan, guru menjelaskan bahwa dalam permainan ini siswa akan memegang bagian tubuh sesuai instruksi guru.
11.  Siswa diminta berdiri membentuk lingkaran.
12.  Guru akan mengucapkan kata “Ibu berkata... pegang hidung! (maka siswa diminta memegang hidungnya).
13.  Untuk melatih konsentrasi siswa, guru memegang bagian tubuh yang tidak sama dengan yang disebutkan guru. Misalnya guru meminta siswa memegang telinga, tapi guru memegang kepala.
14.  Seterusnya, siswa diminta memegang anggota tubuh secara bergantian sesuai aba-aba guru.
15. Selesai kegiatan siswa diminta maju ke depan dan menyebutkan nama-nama anggota tubuh sesuai dengan permainan.
 180 menit
Kegiatan Penutup
1.      Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari ini.(mengkomunikasikan)
2.      Guru memberikan kesempatan kepada beberapa siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti. (mengkomunikasikan)
3.      Guru melakukan  evaluasi tes tertulis dan melakukan penilaian
4.      Guru memberikan tugas PR
5.      Memberi penguatan dan refleksi
6.      Guru menutup pembelajaran dengan Berdoa bersama dan memberikan salam.
  20 menit



                
                 Pertemuan 2:
KEGIATAN
DEKSKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Kegiatan Pembuka

  1. Guru mengucapkan salam, mengajak siswa mengawali  KBM dengan berdoa, dilanjutkan presensi.( sikap spiritual dan sosial)
  2. Guru melakukan  Apersepsi  dengan bertanya :
“ anak-anak, apakah  kalian ingat bagian-bagian tubuh kita? Coba sebutkan?”
  1. Guru memberikan motivasi
  2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran bahwa hari ini akan belajar mengenai nama-nama bagian-bagian anggota tubuh, mewarnai dan menempel potongan-potongan gambar anggota tubuh
10 menit


Kegiatan Inti
1.      Siswa diminta menyebutkan nama-nama anggota tubuh sesuai dengan apa yang mereka ketahui.
2.      Guru menyiapkan kartu-kartu kata yang bertuliskan nama-nama anggota tubuh.
3.      Siswa mengamati gambar anggota tubuh yang sudah dilengkapi dengan nama-namanya di halaman buku siswa.
4.      Siswa membaca nama-nama anggota tubuh yang ada pada gambar di bawah bimbingan guru.
5.      Siswa mengikuti dan menirukan cara membaca nama-nama anggota tubuh yang dipaparkan guru
6.      Siswa diminta membaca nama-nama anggota tubuh tersebut secara bergantian.
7.      Siswa dibagi ke dalam kelompok- kelompok kecil, satu kelompok 2 orang.
8.      Guru menjelaskan aturan-aturan dalam belajar bersama dengan kelompok
9.      Siswa melakukan permainan memasangkan kartu nama-nama anggota tubuh dengan gambar yang sudah disiapkan secara berkelompok
10.  Siswa diminta mengikuti aturan-aturan yang telah dijelaskan
11.  Siswa menempelkan hasil pekerjaan kelompoknya di kertas karton.
12.  Guru bersama siswa membahas hasil kerja siswa
13.  Siswa diminta mengamati gambar tubuh yang telah diberi warna
14.  Siswa diminta menyebutkan warna-warna yang ada dalam gambar.
15.  Siswa diberikan tugas untuk menebalkan gambar anggota tubuh dan memberi warna
16.  guru menyiapkan potongan-potongan gambar anggota tubuh beberapa set.
17.  Siswa diminta membentuk kelompok terdiri dari maksimum 5 kelompok.
18.  Masing-masing kelompok diberikan satu set potongan gambar anggota tubuh.
19.  Setiap kelompok berkompetisi menyusun potonganpotongan gambar tersebut menjadi gambar tubuh manusia secara utuh.
20.  Kelompok yang paling cepat menyelesaikan tugasnya akan mendapatkan apresiasi dari guru dan lainnya.
21.  Siswa mengerjakan latihan di lembar kerja di buku siswa tentang melengkapi bagian tubuh.
22.  Siswa diminta mengerjakan latihan menebalkan huruf di buku siswa
23. Guru dan siswa membahas hasil kerja siswa
 180 menit
Kegiatan Penutup
1.      Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari ini.(mengkomunikasikan)
2.      Guru memberikan kesempatan kepada beberapa siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti. (mengkomunikasikan)
3.      Guru melakukan  evaluasi tes tertulis dan melakukan penilaian
4.      Guru memberikan tugas PR
5.      Memberi penguatan dan refleksi
6.      Guru menutup pembelajaran dengan Berdoa bersama dan memberikan salam.
  20 menit




                 Pertemuan 3 :
KEGIATAN
DEKSKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Kegiatan Pembuka

  1. Guru mengucapkan salam, mengajak siswa mengawali  KBM dengan berdoa, dilanjutkan presensi.( sikap spiritual dan sosial)
  2. Guru melakukan  Apersepsi  dengan mengajak siswa bernyanyi  “ nama-nama Jari “
Nama Jari
Ibu jari pertama
Telunjuk yang kedua
Ketiga jari tengah
Keempat jari manis
Kelima itu kelingking
Tra la la la la la la la la 4x
  1. Guru memberikan motivasi
  2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran bahwa hari ini akan belajar mengenai nama-nama jari , belajar berhitung dan belajar membaca
10 menit


Kegiatan Inti
1.      Siswa menjawab pertanyaan dari guru tentang lagu  “Nama-Nama Jari”. Yang telah dinyanyikan bersmaa
2.      Guru menjelaskan konsep bilangan 1—5 dengan menggunakan jari tangan dan anggota tubuh lainnya.
3.      Siswa secara bergantian menunjukkan jari tangan sesuai bilangan yang ditentukan (1—5) di bawah bimbingan guru.
4.      Siswa diminta mencari benda-benda di kelas atau di luar kelas sejumlah bilangan tertentu yang sedang dipelajari.
5.      Siswa diminta menunjukkan benda-benda yang mereka kumpulkan dan menjelaskan banyak bendabenda tersebut.
6.      Di akhir kegiatan, guru meminta siswa kembali menyanyikan lagu “Nama-Nama Jari”.
7.      Siswa mengerjakan latihan di buku siswa hal. 39
8.      Setelah siswa menyelesaikansoal latihan, guru menyiapkan teks deskriptif sederhana tentang anggota tubuh.
ini i-n-i i-ni
mata m-a-t-a ma-ta
kaki k-a-k-i ka-ki
saya s-a-y-a sa-ya
dua d-u-a du-a
9.      Siswa menirukan guru membaca nyaring teks deskriptif tersebut dan mengulangnya sampai 3x.
10.  Siswa secara bergantian membaca teks sederhana di bawah bimbingan guru.
11.  Guru mengajukan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap isi bacaan
.
 180 menit
Kegiatan Penutup
1.      Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari ini.(mengkomunikasikan)
2.      Guru memberikan kesempatan kepada beberapa siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti. (mengkomunikasikan)
3.      Guru melakukan  evaluasi tes tertulis dan melakukan penilaian
4.      Guru memberikan tugas PR
5.      Memberi penguatan dan refleksi
6.      Guru menutup pembelajaran dengan Berdoa bersama dan memberikan salam.
  20 menit




                 Pertemuan 4 :
KEGIATAN
DEKSKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Kegiatan Pembuka

  1. Guru mengucapkan salam, mengajak siswa mengawali  KBM dengan berdoa, dilanjutkan presensi.( sikap spiritual dan sosial)
  2. Guru melakukan  Apersepsi  dengan menunjukkan gambar alat-alat indra dan mengajukan beberapa pertanyaan.
“siapa yang tahu fungsi hidung?”
  1. Guru memberikan motivasi
  2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran bahwa hari ini akan belajar mengenai Kegunaan alat alat tubuh
10 menit


Kegiatan Inti
1.      Siswa diminta mengamati gambar tentang berbagai kegiatan yang dilakukan dengan bagian tubuh
2.      Guru mengajukan beberapa pertanyaan berkaitan dengan kegunaan bagian tubuh sesuai gambar.
·         Apa yang kalian lihat pada gambar?
·         Kegiatan apa yang dilakukan oleh orang-orang yang kamu lihat pada gambar?
·         Bagian tubuh apa yang digunakan pada kegiatan tersebut?,
3.      Kemudian, guru membaca teks sederhana tentang alat indra dan fungsinya.
4.      Siswa secara bergantian menirukan membaca teks sesuai contoh.
5.      Kemudian siswa berlatih menebalkan huruf yang ada pada buku siswa.
6.      Setelah itu, siswa melakukan permainan menyusun huruf menjadi nama-nama bagian tubuh yang terdiri dari 4 huruf dengan bimbingan guru.
7.      Siswa dibagi menjadi 4 kelompok.
8.      Guru membagikan kartu-kartu huruf kepada masingmasing kelompok.
9.      Siswa menempelkan hasil kerjanya di kertas/karton.
10.  Siswa menyusun huruf-huruf tersebut menjadi kata nama-nama bagian tubuh.
11.  Masing-masing kelompok diminta membacakan katakata yang sudah dibentuknya.
12.  Agar permainan lebih seru, guru menjadikannya sebuah kompetisi antarkelompok.
13.  Selanjutnya, siswa berlatih menulis dengan cara menebalkan huruf seperti yang ada di buku siswa.
14. siswa mengulang membaca nyaring dengan bimbingan guru
 180 menit
Kegiatan Penutup
1.      Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari ini.(mengkomunikasikan)
2.      Guru memberikan kesempatan kepada beberapa siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti. (mengkomunikasikan)
3.      Guru melakukan  evaluasi tes tertulis dan melakukan penilaian
4.      Guru memberikan tugas PR
5.      Memberi penguatan dan refleksi
6.      Guru menutup pembelajaran dengan Berdoa bersama dan memberikan salam.
  20 menit




Pertemuan 5 :
KEGIATAN
DEKSKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Kegiatan Pembuka

  1. Guru mengucapkan salam, mengajak siswa mengawali  KBM dengan berdoa, dilanjutkan presensi.( sikap spiritual dan sosial)
  2. Guru melakukan  Apersepsi  dengan mengajak siswa bernyanyi lagu kalau kau suka hati dan mengajukan beberapa pertanyaan.
  3. Guru memberikan motivasi
  4. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran bahwa hari ini akan belajar bernyanyi sambil bergerak  , belajar menjiplak, menggunting dan menempel.
10 menit


Kegiatan Inti
1.      Guru mengajak siswa keluar kelas.
2.       Siswa diminta untuk membuat 2 kelompok lingkaran besar.
3.      Siswa diminta menyanyikan lagu “Kalau Kau Senang Hati” bersama-sama sambil berlatih gerak bertepuk mengikuti irama lagu.
4.      Kata-kata ‘tepuk tangan lalu diganti dengan petik jari, tepuk paha, hentak kaki, dan lakukan semua.
5.      Pada saat kata-kata “lakukan semua” siswa melakukan tepuk tangan, petik jari, tepuk paha, hentak kaki, dan hore secara berurutan.
6.       Masing-masing kelompok diminta untuk menyanyi secara bergantian.
7.      Kegiatan ditutup dengan guru meminta siswa mencari teman untuk bermain tepuk tangan bersilang secara berpasangan.
8.      Gerakannya adalah sebagai berikut.
a. Masing-masing bertepuk, lalu bertepuk ke kedua tangan teman.
b.Telapak tangan kanan bertepuk dengan telapak tangan kanan teman.
c. Telapak tangan kiri bertepuk dengan telapak tangan kiri teman.
d.                  Masing-masing bertepuk, lalu menepuk kedua bahu, lutut, dan memegang ujung jari kaki.
9.      Setelah itu, siswa mendengar penjelasan guru tentang kegiatan menjiplak telapak tangan.
10.  Guru meletakkan 4 macam warna adonan bersamaan dengan 1 tempat air untuk membasahi tangan dan handuk kecil / lap untuk melap tangan.
11.  Siswa dibagi menjadi 4 kelompok. Setiap kelompok mendapatkan 1 karton manila warna putih yang diletakkan pada tempat yang berbeda.
12.  Setiap siswa dari kelompok diminta meletakkan telapak tangannya (dibasahi terlebih dahulu) sambil ditekan di atas adonan dengan warna yang berbeda dan mencetaknya di karton sehingga terdapat 4 warna cetakan telapak tangan siswa.
13.  Setelah mencetak siswa mencuci tangannya dan melapnya.
14.  Guru memberi nama pada tiap cetakan telapak tangan dan biarkan mengering (dapat dipajang di kelas).
15.  Guru menjelaskan untuk mendapatkan hasil yang baik pada saat menjiplak, telapak tangan ditekan yang kuat dan tidak bergerak, setelah cetakan telapak tangan
16.  Setelah selesai, siswa diminta mengganti cetakan tersebut.
17.  Guru memberi contoh cara memegang dan menggunting dengan benar.
18.  Siswa diminta menggunting, dan menempel di karton yang telah disediakan oleh guru.
 180 menit
Kegiatan Penutup
1.      Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari ini.(mengkomunikasikan)
2.      Guru memberikan kesempatan kepada beberapa siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti. (mengkomunikasikan)
3.      Guru melakukan  evaluasi tes tertulis dan melakukan penilaian
4.      Guru memberikan tugas PR
5.      Memberi penguatan dan refleksi
6.      Guru menutup pembelajaran dengan Berdoa bersama dan memberikan salam.
  20 menit




Pertemuan 6 :
KEGIATAN
DEKSKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Kegiatan Pembuka

  1. Guru mengucapkan salam, mengajak siswa mengawali  KBM dengan berdoa, dilanjutkan presensi.( sikap spiritual dan sosial)
  2. Guru melakukan  Apersepsi  dengan  menceritakan pentingnya memiliki kaki dengan  menayangkan cuplikan-cuplikan video yang menunjukkan pentingnya kaki).
  3. Guru memberikan motivasi
  4. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran bahwa hari ini akan belajar mengenai kegunaan kaki dan bermain dengan permainan yang menggunakan  kaki.
10 menit


Kegiatan Inti
1.      Guru membacakan teks deskriptif tentang permainan dengan kaki
2.      Siswa menirukan teks deskriptif yang dibacakan guru
3.      Guru bertanya permainan apa saja yang menggunakan kaki sesuai dengan isi teks
4.      Siswa diminta mengingat  salah satu permaianan yang telah dibaca yaitu  adalah pada permainan Tapak Gunung.
5.      Siswa diajak ke luar kelas untuk bermain Tapak Gunung.
6.       Siswa diminta berbaris dengan rapi dan tertib.
7.      Guru memandu siswa melakukan gerakan-gerakan di tempat baik gerakan tangan, kaki, kepala, pinggul dan sebagainya untuk pemanasan.
8.      Kemudian guru meminta siswa untuk berlari beberapa putaran (guru menyesuaikan)
9.      Guru meminta siswa membentuk kelompok (jumlah disesuaikan dengan jumlah murid di sekolah).
10.  Guru menggambar sarana bermain tapak gunung (engklek) di atas area bermain.
11.  Guru menjelaskan aturan dan tata tertib pemainan, serta pentingnya mengikuti aturan/tata tertib dalam permainan.
12.  Masing-masing siswa diminta mencari gacoan (pecahan genting, atau koin).
13.  Kemudian siswa melakukan permainan tapak gunung berkelompok.
14.  Guru mengamati dan mengarahkan siswa selama bermain.
15.  Setelah selesai guru mengajak siswa mendiskusikan halhal yang dapat diambil sebagai pelajaran dari permainan tersebut.
16.  Setelah diskusi, guru menyampaikan informasi bahwa siswa akan melihat lebih jauh kegiatan-kegiatan lain yang menggunakan kaki.
17.  Siswa diminta mengamati gambar di buku siswa.
18.  Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang sedang diamati dengan pertanyaan-pertanyaan terbuka yang membuat siswa menggunakan kemampuan berpikir kritis misalnya guru menanyakan apa yang dapat siswa amati dari gambar tersebut, apa hubungan gambar-gambar tersebut dengan pelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya.
19.  Siswa diminta memberikan contoh-contoh kegiatan lain yang berhubungan dengan kegunaan kaki.
20.  Setelah diskusi siswa diminta mengerjakan lembar kerja yang berhubungan dengan kegunaan kaki, dan perilaku yang baik dalam menggunakan kaki.
21.  guru menanyakan kembali kegiatankegiatan yang menggunakan kaki.
22.   Guru menyampaikan bahwa kita harus bersyukur mempunyai kaki yang sangat berguna.
 180 menit
Kegiatan Penutup
1.      Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan hari ini.(mengkomunikasikan)
2.      Guru memberikan kesempatan kepada beberapa siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti. (mengkomunikasikan)
3.      Guru melakukan  evaluasi tes tertulis dan melakukan penilaian
4.      Guru memberikan tugas PR
5.      Memberi penguatan dan refleksi
6.      Guru menutup pembelajaran dengan Berdoa bersama dan memberikan salam.
  20 menit




H.       PENILAIAN
1.    Prosedur Penilaian
a.       Penilain proses                                            : menggunakan format penilaian
b.      Penilaian Hasil                                            : menggunakan instrumen hasil belajar
2.    Instrument
a.       Test                                                             :  Pilihan Ganda, Isian Singkat
b.      Non Test                                                     :  Rubrik Penilaian
c.    Kunci jawaban dan pedoman penskoran         :  Terlampir
d.   Tugas                                                                :  Terlampir
Semarang, ........... April  2014
  Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                   Guru Kelas I


...................................                                                                         ..............................
NIP.                                                                                                    NIP.


0 komentar:

Posting Komentar