Selasa, 08 Juli 2014

RPP KTSP- Negara Asean



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

                                      Sekolah                     :           ..........................
                                      Mata Pelajaran        :           Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
                                      Kelas / Semester      :           VI / II
                                      Alokasi Waktu         :           2 x 35 menit

A.    Standar Kompetensi
1.       Memahami  perkembangan wilayah Indonesia, kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara  di Asia Tenggara, serta benua-benua
B.     Kompetensi Dasar
1.2  Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga

C.    Indikator
1.2.1. Siswa dapat menyebutkan negara-negara tetangga dikawasan Asia Tenggara
1.2.2. Siswa dapat menentukan letak negara-negara di Kawasan Asia Tenggara
1.2.3. Siswa dapat mendeskripsikan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga dikawasan Asia Tenggara.
D.    Tujuan Pembelajaran
·         Dengan membaca peta, Siswa dapat menyebutkan negara-negara tetangga dikawasan Asia Tenggara
·         Melalui permainan lacak peta, siswa dapat menentukan letak negara-negara di Kawasan Asia Tenggara dengan benar
·         Melalui diskusi kelompok, Siswa dapat mendeskripsikan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga dikawasan Asia Tenggara.
v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian (respect ), Tekun ( diligence ) , Jujur ( fairnes )  dan  Ketelitian ( carefulness)
E.     Materi Pokok
§  Negara- Negara kawasan Asia Tenggara
§  Peta Kawasan Asia Tenggara
§  Gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga di kawasan Asia Tenggara
F.     Metode Pembelajaran dan Model pembelajaran
a.      Metode Pembelajaran
1.      Tanya jawab
2.      Demonstrasi
3.      Tugas
4.      Ceramah
b.      Model Pembelajaran  :  Course Review Horay
G.    Kegiatan Pembelajaran
A.   Kegiatan Awal  (7 Menit)
1.      Pra Kegiatan
Guru mengkondisikan siswa
a.       Berdoa dilanjutkan menyanyikan lagu nasional dan salam Abita
b.      Mengabsen siswa
c.       Memeriksa ruangan dan tempat duduk siswa
2.      Kegiata Awal
a.       Guru melakukan apersepsi dengan Tanya jawab tentang negara kawasan Asia Tenggara
“Siapa yang tahu negara Indonesia terletak di kawasan Asia.................”
“Sebutkan negara-negara tetangga yang kalian ketahui yang ada dikawan Asia Tenggara?”
b.      Guru menyampaiakan tujuan pembelajaran. Pada pertemuan kali ini kita akan mempelajari tentang Negara di Kawasan Asia Tenggara, letaknya dalam peta serta kenampakan Alam dan sosialnya.  
B.      Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
1.      Guru memasang  peta Kawasan Negara Asia Tenggara
2.      Siswa mencari informasi tentang negara-negara Asia Tenggara melalui peta yang di pasang oleh guru
§ Elaborasi
1.      Siswa dan Guru melakukan Tanya jawab tentang Peta Asia Tenggara
2.      Setelah siswa mengetahui letak dalam peta, siswa diminta Menunjukkan negara-negara Asia Tenggara di peta.
3.      Siswa secara berlomba melakukan permainan lacak peta untuk menemukan letak kawasan Asia Tenggara di Peta dengan cara menempelkan bendera negara dalam peta buta yang telah disediakan.
4.      Siswa mendengarkan penjelasan guru  tentang kenampakan alam negara Indonesia dan negara tetangga
5.      Siswa membaca materi tentang keadaan sosial dan kenampakan alam negara kawasan Asia Tenggara di buku
6.      Siswa dibagikan kartu-kartu kecil yang berisi keadaan sosial Indonesia dan Negara tetangga.
7.      Siswa dikelompokkan satu kelompok terdiri dari 3 orang,
8.      Setiap kelompok siswa Lembar jawab yang berisi 9 kotak.  
9.      Guru membaca soal dan siswa menulis jawaban di dalam kotak
10.  Dalam waktu 2 menit, jawaban tiap soal langsung didiskusikan, kalau benar diisi tanda benar (n) dan salah diisi tanda silang (x)
11.  Kelompok yang sudah mendapat 3  tanda (n), harus berteriak horay … atau yel-yel lainnya
12.   Guru menghitung Nilai siswa dari banyaknya jawaban benar yang diperoleh.
§ Konfirmasi
1.      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
C.      Kegiatan Penutup
1.      Guru bersama siswa menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.      Guru memberikan evaluasi
3.      Guru menjelaskan petunjuk pengerjaan
4.      Siswa mengerjakan soal
5.      Guru dan siswa melakukan koreksi secara bersama
6.      Guru menganalisa daya serap
7.      Guru memberikan tindak lanjut dengan memberikan tugas  PR
8.      Guru menginformasikan pembelajaran yang akan datang.
9.      Guru menutup pelajaran dengan do’a dan diakhiri dengan salam


H.    Alat Dan Sumber Bahan
1.Gambar Peta Asia Tenggara
2.Peta Buta Asia Tenggara
3.Gambar Bendera Negara-Negara Asia Tenggara
4.Kartu Negara
5.Papan Horay

I.       Sumber Belajar
1.Hartitik, Nurhadi.2009  . Mengenal Lingkungan Sekitar untuk Ilmu Pengetahuan Sosial  Kelas VI. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
2.Sajimin, Sarwantu 2009. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk  Kelas VI SD/MI. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

J.      Penilaian
a.      Bentuk Soal
1.      Pilihan Ganda
2.      Uraian
b.      Teknik Penilaian
1.      Test
2.      Non Tes


Mengetahui
Kepala Sekolah


............................................
Semarang , 17 Juni 2014


Guru Kelas VI


................................................................

0 komentar:

Posting Komentar